krisnamurti

nilai dan keindahan dari kebudayaan lokal

  • image
  • image
  • image
  • image
  • image
  • image

Particle board

Particle board juga merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan dalam industry woodworking. Meskipun tidak sekuat M.D.F, tetapi particle board  merupakan salah satu bahan yang cukup kuat untuk digunakan sebagai bahan baku furniture, terutama untuk kabinet, meja atau papan panel. Produk-produk furniture yang banyak menggunakan papan datar seperti: office cabinet, bookcase, shelving, case good., credenza, dan meja atau lemari saat ini sudah banyak dibuat dengan menggunakan particle board. Suatu papan particle board yang dilapisi oleh wood veneeer, vynil film, decorative paper, plastic laminated atau bahan-bahan overlay lainnya dapat menghasilkan papan panel dengan penampilan yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan papan kayu. Particle board  juga mempunyai harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan papan panel atau M.D.F., sehingga merupakan bahan alternatif yang menarik untuk bahan baku produk furniture dengan harga yang relatif murah.

 

Particle board atau papan partikel adalah suatu lembaran panel yang dibuat dari potongan-potongan dan partikel-partikel kayu yang dicampur dengan suatu resin dan kemudian ditekan dengan menggunakan hot press membentuk suatu lembaran dengan berbagai ukuran ketebalan, panjang dan lebar. Ukuran dari particle board yang tersedia di pasar biasanya tersedia dalam ukuran standard seperti halnya M.D.F , plywood atau papan panel yang lain. Particle board ini mempunyai kelebihan karean relative lebih mudah ditangani dibandingkan dengan paapn kayu. Sebagai engineering product dia mempunyai sifat-sifat yang relatif lebih terkontrol sesuai dengan spesifikasi yang ditunjukkan dari data teknis yang menyertainya. Particle board juga merupakan bahan yang lebih stabil dibandingkan dengan kayu solid. Particle board merupakan suatu papan memiliki sifat yang lebih seragam dan tidak mudah retak atau melengkung akibat dari perubahan kadar air seperti pada panel kayu. Namun demikian particle board ini bukan merupakan suatu lembaran yang homogen seperti M.D.F. karena itu dia tidak akan bisa sekuat dan sefleksibel seperti M.D.F. Particle board tidak bisa dipotong atau diukir membentuk bentuk-bentuk khusus seperti pada M.D.F. , untuk membentuk suatu panel dengan ujung-ujung yang berbentuk khusus maka diperlukan suatu kayu solid sebagai ujung panel (edges banded).

Particle board ini merupakan suatu engineered product, karena itu sifat-sifatnya tergantung sekali pada bahan-bahan yang dipakai dan proses yang dilakukan yang semuanya dapat dipesan dan dikontrol pada saat pembuatannya. Berikut ini beberapa sifat-sifat yang perlu diketahui dari particle board.

  1. Density.

Density particle board ini bervareasi dari 28 sampai dengan 62 lbs per cubic ft. Density ini menunjukkan kerapatan dari partikel kayu dan material resin didalamnya. Semakin tinggi density maka kekuatan particle board ini akan semakin besar. Density yang semakin besar juga akan memungkinkannya untuk menghasilkan sisi panel yang lebih halus dan kuat.

  1. Partikel geometri.

Ukuran dan bentuk dari partikel-partikel kayu dalam particle board dan rasio antara particle dengan resin ternyata juga sangat menentukan kekuatan dan sifat-sifat dari particle board. Ukuran dan bentuk dan rasio ini dapat disetel sesuai dengan standard kekuatan yang diinginkan dari board yang dihasilkan..

  1. Resin yang dipakai

Ada 2 jenis resin yang umum digunakan untuk pembuatan particle board yaitu urea formaldehyde dan phenol formaldehyde. Keduanya akan menghasilkan perbedaan kekuatan dand sifat dari particle board yang dihasilkan. Urea formaldehyde lebih banyak digunakan untuk produk-produk  untuk keperluan interior, sedangkan phenol formaldehyde didesign untuk produk-produk panel yang dipakai untuk keperluan exterior.

  1. Moisture content (kadar air)

Suatu particle board merupakan suatu wood product yang mempunyai sifat higroskopis seperti halnya kayu atau produk kayu lainnya. Karena itu maka dia memerlukan kontrol dan penyimpanan yang baik supaya dia memiliki moisture content yang stabil dalam angka yang dibutuhkan dalam industri woowdoking. Kadar air dari particle board yang akan dilapisi oleh wood veneer dalam suatu industri woodworking sedapat mungkin dikontrol supaya  dalam keadaan yang seimbang dengan kadar air dari lapisan veneer yang akan dilekatkan dipermukaannnya. Karena dia bersifat higroskopis maka dia akan menyerap uap air atau mengeluarkan uap air menyesuaikan dengan kelembaban udara lingkungannya. Hal ini apabila tidak dikelola dengan benar maka bisa jadi akan menimbulkan masalah pada proses produksi yang akan dijalaninya. Suatu particle board yang keluar dari manufacturer biasanya memiliki standard moisture content  7%  kecuali apabila dipesan khusus. Particle board ini sebaiknya disimpan di tempat penyimpanan yang khusus yang dapat menjaga moisture content nya tetap dalam keadaan standard.

Suatu produk particle board yang keluar dari suatu pabriknya bagaimanapun juga harus melewati serangkaian test yang menjaminnya untuk selalu memenuhi standard kualitas yang diinginkan sebelum dipasarkan. Beberapa sifat-sifat seperti: density, modulus of elasticity, modulus of rupture, internal bond, screw holding and linear expansion merupakan subject terhadap suatu test yang diperlukan dan dapat dilihat besarannya dari spesifikasi produk. Karena itu maka suatu particle board ini dapat segera diketahui sifat-sifatnya dan lebih dijamin sifat-sifatnya pada saat akan dibeli dan digunakan. Hal ini merupakan salah satu kelebihan dari particle board dibandingkan dengan  papan kayu yang merupakan produk alam bisa memiliki sifat yang bervareasi yang bisa jadi tidak terduga sebelumnya.

Finishing untuk particle board.

Suatu particle board  hampir tidak pernah dipakai tanpa dilapisi oleh suatu lapisan overlay diatasnya. Berbagai macam bahan overlay bisa digunakan untuk melapisi particle board. Wood veneer dapat ditempelkan pada permukaan particle untuk menghasilkan suatu penampilan seperti kayu. Panel dari veneer ini tentu saja membutuhkan suatu lapisan finishing yang sesuai untuk menghasilkan suatu produk yang lebih menarik. Particle board juga bisa dilapisi dengan lapisan ovelay seperti vynil film, atau laminate plastic atau decorative paper untuk menghasilkan panel yagn sudah menarik tanpa membutuhkan lapisan finishing lagi di atasnya.

Suatu overlay dengan model dekoratif sesuai dengan penampilan yang diinginkan merupakan suatu pilihan yang lebih mudah dan murah dibandingak dengan paapn panel dari kayu solid. Particle board  bisa juga langsung dilapisi dengan bahan finishing untuk membentuk warna solid atau paint finish. Particle board bisa merupakan pilihan yang lebih menguntungkan dibandingkan  dengan papan kayu atau wood veneer karena dia sudah memiliki permukaan yang rata dan halus. Particle board tidak membutuhkan filler atau dempul karena dia tidak  memiliki pori dan serat kayu yang bisa jadi masalah dalam finishing proses untuk finishing dengan warna solid.   

 

Share